Friday, August 06, 2010

Ferry Ride to Singapore

Mengunjungi Singapura melalui Batam mungkin telah lama ditinggalkan para pelancong. Apalagi setelah beberapa maskapai telah membuka penerbangan langsung ke Singapura dengan harga yang murah meriah. Namun rasa penasaran ber-ferry ria menuju negeri singa selalu menjadi cita-cita saya.
Jadilah ketika Juli lalu saya berkesempatan mengunjungi Batam, saya tidak melewatkan menjajal ferry menuju Singapura. Agak old style, tetapi layak dicoba untuk merasakan petualangan berlayar mengunjungi Merlion :)

-Pelabuhan Batam Centre-

Dari hotel Nagoya Plasa di Batam, saya naik taksi menuju Pelabuhan Batam Centre. Tarif taksi tanpa argo ini dipatok 45.000 IDR. Maklumlah, hampir semua taksi di Batam tidak ber-argo.
Tiket untuk ferry menuju Singapura telah saya beli sebelumnya di bandara Hang Nadim Batam, yaitu 26 SGD untuk tiket Penguin Ferry pulang pergi. Lebih murah daripada yang dijual di Batam Centre yaitu 17 SGD untuk sekali perjalanan. Tiket ini sifatnya open date & open hours, sehingga memperkecil kemungkinan tiket hangus karena ketinggalan ferry. Selain Penguin Ferry, ada pula Batam Fast yang populer digunakan untuk menyeberang ke Singapura. Yang membedakan keduanya hanyalah waktu keberangkatan.

-Waiting room Batam Centre-

Setibanya di Batam Centre, saya menuju loket Penguin Ferry yang berada di lantai 2 gedung. Di loket, saya menunjukkan tiket, paspor, NPWP dan membayar tax sebanyak 6 SGD (sekitar 42.000 IDR) untuk satu kali perjalanan (bandingkan dengan tax yang harus dibayarkan untuk keberangkatan melalui udara yaitu sekitar 150.000 IDR). Setelah itu, penumpang diberikan kartu keberangkatan yang telah diisi oleh petugas dan kemudian mengantri dengan manis di depan pintu masuk imigrasi yang akan dibuka satu jam sebelum keberangkatan.
Saya mengantri untuk ferry yang berangkat pukul 12.40 WIB. Setelah melalui
check point dan pemeriksaan di imigrasi, penumpang yang akan berangkat ke berbagai tujuan (di antaranya yaitu : Harbour Front-Singapura, Pelabuhan Sekupang dan Pelabuhan Tanjung Balai) dikumpulkan di ruang tunggu untuk kemudian dipanggil ke ferry masing2.

-Penguin Ferry-

Tepat pukul 12.30 WIB, penumpang Penguin Ferry dipersilahkan untuk menaiki ferry Island Jade yang akan segera berlayar menuju Singapura.

-Island Jade Ferry-

Di ferry, tempat duduk bebas dipilih oleh penumpang. Bisa duduk di bagian dalam yang ber-AC dengan hiburan TV, atau memilih menikmati angin laut di dek dengan pemandangan pulau Batam yang memukau.

-View from the deck-

Saya memilih untuk hunting foto di dek dan melewatkan 65 menit perjalanan dengan menikmati keindahan laut yang menghubungkan Batam dan Singapura.

-Harbour Front Singapura-

Tepat pukul 13.45 WIB atau 14.45 WITA (waktu setempat, Singapura waktunya lebih cepat 1 jam dibandingkan Batam), saya pun tiba di Harbour Front Singapura dan memilih moda MRT untuk menuju ke tempat saya menginap di Selegie Road di daerah Little India.

(^.^)b

No comments: